Kunci Jawaban Pembelajaran PKn di SD PDGK4201
( Bagian 1 No : 1 - 10 )
No 1 :
a. salah,
karena kurikulum tahun 1946 materi pendidikan kewarganegaraan dikemas dalam
mata pelajaran pengetahuan umum di SD atau tata negara di SMP dan SMA
b. salah,
karena kurikulum tahun 1957 materi pendidikan kewarganegaraan dikemas dalam
mata pelajaran pengetahuan umum di SD atau tata negara di SMP dan SMA
c. salah,
karena kurikulum tahun 1961 materi pendidikan kewarganegaraan dikemas dalam
mata pelajaran pengetahuan umum di SD atau tata negara di SMP dan SMA
d. benar, karena kurikulum tahun
1968 baru dikenal istilah pendidikan kewarganegaraan, yang mencakup sejarah
Indonesia, Geografi, dan Civics
No 2 :
a. benar,
karena berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu
kewarganegaraan merupakan tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan
b. benar, karena berpartisipasi aktif dan
bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi merupakan tujuan dari mata
pelajaran pendidikan kewarganegaraan
c. benar,
berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan
karakter masyarakat Indonesia
agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya, merupakan tujuan dari
mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan
d. salah, karena
berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya dalam percaturan dunia secara
langsung atau tidak langsung dengan mengikuti salah satu blok pertahanan agar
negara lebih kuat bukan merupakan tujuan dari mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan
No 3 :
a. benar,
karena materi PKN adalah konsep-konsep nilai Pancasila dan UUD 45 berserta
dinamika perwujudan dalam kehidupan masyarakat negara Indonesia merupakan
alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai
dan moral
b. benar,
karena sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan nilai-nilai yang terkandung
dalam Pancasila dalam bentuk perilaku nyata kehidupan seharai-hari merupakan
alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai
dan moral
c. benar,
karena proses pembelajarannya menuntut terlibatnya emosional, intelektual, dan
sosial dari peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai tersebut bukan hanya
dipahami tetapi dihayati sekaligus dilaksanakan merupakan alasan bahwa PKN
sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai dan moral
d. salah, karena
materi PKN merupakan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh
warga negara Indonesia, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi
tegas bukan merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung
misi pendidikan nilai dan moral
No 4 :
a. benar, karena
menurut Hermann bahwa dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah
semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti
ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam
kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar
b. salah,
karena menurut Lickona, bahwa pada dasarnya pendidikan mempunyai dua tujuan
besar yaitu mengembangkan individu dan masyarakat yang smart and good
c. salah,
karena menurut Bloom bahwa tujuan pendidikan dirinci menjadi tujuan
pengembangan koqnitif, afektif, dan psikomotor
d. salah,
karena menurut Alisyahbana bahwa nilai merupakan kekuatan perekat dan pemersatu
dalam diri, masyarakat dan kebudayaan
No 5 :
a. benar, karena
hidup rukun dalam perbedaan termasuk dalam substansi kurikuler yang didalamnya
mengandung nilai dan moral persatuan dan kesatuan bangsa
b. salah,
karena tertib dala kehidupan keluarga termasuk dalam substansi kurikuler yang
didalamnya mengandung nilai dan moral hukum dan peraturan
c. salah,
karena hak dan kewajiban anggota masyarakat termasuk dalam substansi kurikuler
yang didalamnya mengandung nilai dan moral hak asasi manusia
d. salah,
karena harga diri sebagai warga negara termasuk dalam substansi kurikuler yang
didalamnya mengandung nilai dan moral kebutuhan warga Negara
No 6 :
a. benar, karena
menurut Lickona bahwa Berkaitan dengan hubungan interaktif pengembangan nilai
dan moral, bahwa pendidikan moral merupakan aspek yang esensial bagi
perkembangan dan berhailnya kehidupan demokrasi
b. salah,
karena menurut Hermann bahwa dalam pendidikan nilai, substansi nilai tidaklah
semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna dalam arti
ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang melekat dalam
kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar
c. salah,
karena menurut Bloom bahwa tujuan pendidikan dirinci menjadi tujuan pengembangan
koqnitif, afektif, dan psikomotor
d. salah, karena menurut Alisyahbana
bahwa nilai merupakan kekuatan perekat dan pemersatu dalam diri, masyarakat dan
kebudayaan
No 7 :
a. benar,
karena rentang usia 0 – 2 tahun menurut Piaget merupakan perkembangan dalam
tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang
tidak bersifat memaksa
b. salah,
karena rentang usia 2 – 8 tahun menurut Piaget merupakan perkembangan dalam
tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan disikapi sebagai hal yang
bersifat sakral dan diterima tanpa pemikiran
c. salah,
8 – 12 tahun karena rentang usia 2 – 8 tahun menurut Piaget merupakan
perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan diterima
sebagai hasil kesepakatan
d. salah,
karena rentang usia antara 12 – 15 tahun menurut Piaget tidak termasuk dalam
tahapan domain kesadaran mengenai aturan
No 8 :
a. salah,
karena pada tahap orientasi hukuman dan kepatuhan mempunyai ciri bahwa apapun
yang pada akhirnya mendapat pujian atau dihadiahi adalah baik, dan apapun yang
pada akhirnya dikenai hukuman adalah buruk
b. salah,
karena pada tahap orientasi instrumental nisbi mempunyai ciri bahwa seseorang
berbuat baik apabila orang lain berbuat baik padanya, dan yang baik itu adalah
sesuatu bila satu sama lain berbuat hal yang sama
c. benar,
karena pada tahap orientasi kesepakatan timbal balik mempunyai ciri bahwa
sesuatu hal dipandang baik dengan pertimbangan untuk memenuhi anggapan orang
lain baik karena memang telah disepakati, merupakan ciri dari tahap
perkembangan moral
d. salah,
karena pada tahap orientasi hukum dan ketertiban mempunyai ciri bahwa sesuatu
hal yang baik itu adalah yang diatur oleh hukum dalam masyarakat dan dikerjakan
sebagai pemenuhan kewajiban sesuai dengan norma hukum tersebut
No 9 :
a. salah,
karena civic responsibility merupakan cara dalam melaksanakan pendidikan
kewarganegaraan sebagai wahana demokrasi di Indonesia dengan fokus yaitu
kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang bertanggungjawab
b. benar,
karena civic intelligence merupakan cara dalam melaksanakan pendidikan
kewarganegaraan sebagai wahana demokrasi di Indonesia dengan fokus yaitu
kecerdasan dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual, rasional,
emosional, maupun social
c. salah,
karena civic participation merupakan cara dalam melaksanakan pendidikan
kewarganegaraan sebagai wahana demokrasi di Indonesia dengan fokus yaitu
kemampuan berpartissipasi warga negara atas dasar tanggungjawabnya, baik secara
individual, sosial, maupun sebagai pemimpin dimasa depan
d. salah,
karena civic education merupakan nama lain dari pendidikan kewarganegaraan pada
awal mulanya
No 10 :
a. salah,
karena fungsi dan peran PKN sebagai pendidikan nilai dan moral, lebih
menfokuskan pada pendidikan yang menyampaikan nilai-nilai moral yang diperlukan
oleh seorang warga negara dalam berkehidupan sebagai warga negara dan warga
masyarakat
b. benar,
karena pendidikan politik merupakan fungsi dan peran PKN yang memungkinkan
siswa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya
c. salah,
karena fungsi dan peran PKN sebagai pendidikan kewarganegaraan lebih
menfokuskan pada menumbuhkan pengertian dan pemahaman siswa terhadap fungsi dan
peran warga negara dalan kehidupan berbnagsa dan bernegara
d. salah,
karena fungsi dan peran PKN sebagai pendidikan hukum dan kemasyarakatan lebih
menfokuskan pada hak dan tanggungjawabnya sebagai warga negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar