Kunci Jawaban
Pembelajaran PKn di SD PDGK4201
( Bagian 4 No : 31 - 40 )
No 31 :
a. Salah,
karena menurut Hornby, demokrasi adalah negara dengan prinsip pemerintahannya
yang ditnadai oleh adanya partisipasi warga negara yang sudah dewasa ikut
berpartisipasi dalam pemerintahan
b. Benar,
karena menuru Abraham Lincoln Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh
rakyat, dan untuk rakyat
c. Salah,
karena menurut Torres, demokrasi sebagai salah satu bentuk pemerintahan,
demokrasi sebagai suatu landasan pelaksanaan kekuasaan tertinggi di tangan
rakyat, dan demokarsi sebagai konsep republik sebagai bentuk pemerintahan yang
murni
d. Salah,
karena menurut Miriam Budiarjo, demokrasi adalah rakyat berkuasa atau
government or rule by the people
No 32 :
a. Benar, karena
menurut Udin S. Winataputra pendidikan demokrasi adalah upaya sistematis yang
dilakukan negara dan masyarakat untuk menfasilitasi individu warga negara agar
memahami, menghayati, mengamalkan dan mengembangkan konsep, prinsip dan nilai
demokrasi sesuai dengan status perannya dalam masyarakat
b. Salah,
karena menurut Numan Somantri adalah bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan
keseluruhan kegiatan sekolah, rumah, dan masyarakat yang dapat menumbuhkan
demokrasi
c. Salah,
karena menurut Gandal dan Finn bahwa demokrasi tidak dapat mengajarkannya
sendiri
d. Salah,
karena menurut Thomas Jefferson bahwa pengetahuan, skill, perilaku warga negara
yang demokratis tidak akan terjadi dengan sendirinya, tetapi harus diajarkan
kepada generasi penerus.
No 33 :
a. benar, karena
berpandangan yang pluralistik uniter merupakan paradigma pendidikan demokrasi
yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi
yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak.
b. Benar,
karena sikapnya dalam menempatkan individu, negara, dan masyarakat global yang
harmonis merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam
lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional
atau bersisi jamak
c. Benar,
karena tujuan yang diarahkan pada semua dimensi kecerdasan merupakan paradigma
pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah
pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak
d. Salah,
karena konteks yang menghasilkan pengalaman belajar yang eksklusif bukan
merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam
lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional
atau bersisi jamak
No 34 :
a. salah,
karena konsep mempunyai makna yang menunjukkan kepada sesuatu, pengertian
tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk kata-kata, nama atau pernyataan
b. benar, karena
nilai mempunyai makna sesuatu yang merujuk kepada tuntunan perilaku yang
membedakan perbuatan yang baik dan buruk atau dapat diartikan sebagai kualitas
kebaikan yang melekat pada sesuatu
c. salah,
karena moral mempunyai makna keharusan perilaku yang dibawakan oleh nilai
d. salah,
karena norma merupakan sumber dasar hukum yang menguatkan kedudukan konsep,
nilai, dan moral serta perilaku yang dilakukan
No 35 :
a. benar,
pasal 26 ayat 1 UUD 1945 menyatakan tentang Yang menjadi WNI adalah orang-orang
bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan
undang-undang sebagai warga Negara
b. salah,
karena pasal 27 UUD 1945 menyatakan tentang kesamaan kedudukan di depan hukum
c. salah,
karena pasal 28 UUD 1945 menyatakan tentang kebebasan mengeluarkan pendapat,
berserikat dn berkumpul
d. salah,
karena pasal 29 UUD 1945 menyatakan tentang kehidupan beragama
No 36 :
a. benar,
kerena kecintaan pada tanah air merupakan dasar dari perwujudan bela negara
yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang
teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
b. benar,
karena kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia merupakan dasar dari
perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan
warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
c. benar,
karena keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, dan kerelaan
berkorban merupakan dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya
tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan
berlanjut
d. salah, karena
kesetiaan terhadap pimpinan, walaupun dalam keadaan salah atau benar bukan
merupakan dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad,
sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan
berlanjut
No 37 :
a. benar,
karena pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan
kebutuhan siswa merupakan kekuatan/ keunggulan dari pembelajaran tematik
b. salah, karena
menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan guru bukan merupakan
kekuatan/ keunggulan dari pembelajaran tematik
c. benar, karena hasil belajar akan
bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna merupakan kekuatan/ keunggulan
dari pembelajaran tematik
d. benar,
karena mengembangkan keterampilan berpikir siswa dengan permasalahannya yang
dihadapi merupakan kekuatan/ keunggulan dari pembelajaran tematik
No 38 :
a. benar, karena
webbed merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan tema
tertentu yang berkecenderungan dapat disampaikan melalui beberapa mata
pelajaran
b. salah,
karena connected merupakan model pembelajaran yang dilandasi anggapan bahwa
butir-butir pembelajaran dapat dipayungkan pada induk mata pelajaran tertentu
c. salah,
karena integrated merupakan model pemaduan sejumlah tema pembelajaran dari mata
pelajaran yang berbeda tetapi esensinya sama dalam sebuah tema/topik tertentu.
d. salah,
karena networked merupakan model pembelajaran yang lebih menfokuskan kepada
jaringan kerjasama
No 39 :
a. benar,
karena mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat merupakan langkah
pertama dalam pembelajaran portofolio
b. salah,
karena memilih masalah untuk kajian kelas merupakan langkah kedua dalam
pembelajaran portofolio
c. salah,
karena mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas
merupakan langkah ketiga dalam pembelajaran portofolio
d. salah
karena mengembangkan portofolio kelas merupakan langkah keempat dalam
pembelajaran portofolio
No 40 :
a. benar,
agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat
merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
b. benar,
agar mendiskusikan permasalahan ini dengan orangtua siswa, tetangga, atau
anggota masyarakat lain untuk menemukan apa yang mereka ketahui dan apa yang
mereka pikirkan tentang permasalahan ini merupakan tujuan dari tahap
mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
c. benar,
mengumpulkan informasi yang cukup untuk memilih masalah yang disepakati oleh
mayoritas siswa merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada
dalam masyarakat
d. salah, karena
mengkaji informasi yang telah dikumpulkan yang dianggap paling penting
merupakan langkah dari memilih masalah untuk kajian kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar