Kamis, 04 Desember 2014

Latihan Soal UAS MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik Bagian 2 No 21 - 50

Latihan  Soal UAS
MKDK4002 Perkembangan  Peserta Didik

21. Suatu pros es pencarian  makna yang didalamnya  mengandung  has rat untuk memahami, menyus un,mengatur, menganalis is  menemuka hubungan-hubungan  dan  makna-makn s erta  membangu s uatu  s is tem  nilai dis ebut dengan...
A Sifat hidup
B Penyelesaian
C Kedewasaan
D Rasa ingin tahu

22. Salah s atu kebutuhan khas remaja menurut Garris on adalah...
A Kebutuhan memperoleh fals afah hidup
B Kebutuhan untuk bergantung pada diri s endiri
     C.  Kebutuhan untuk meniru orang lain
D.  Kebutuhan malkukan tindakan kekerasan

23.  Seseoranakan merasa senang, aman dan berharga  ketika dirinya diterima  dan memperoleh  tempat didalam kelompok, dan sebaliknyaakan  meras a cemas atau kurang berharga atau ketika dirinya tidak diterima bahkan disisihkan oleh kelompoknya. Hal ini sering terjadi karena belum terpenuhinya kebutuhan untuk...
A.     Berprestasi                  C.     Berafiliasi
B.     Berkuasa                     D.     Agsresi

24. Pros es perkembangan  prilaku dan pribadi dipengaruhi oleh tiga faktor dominan yaitu...
A Bawaan, kematangan, lingkungan
B Intelegensi, kepribadian, bawaan
C Kematangan, kepribadian, lingkungan
D Intelegensi, lingkungan, kepribadian

25. Ketidakselarasan antara keinginan atau minat s es eorang dengan bakat khus us nya s ering membawa kes ulitan juga dalam memilih  program jurus an jenis s ekolah yang akan dimasukinya merupakan  mas alah yang timbul berkenaan dengan...
A Perkembangan  perilaku s os ial
B Perkembangaperilaku kognitif
C Perkembangan  perilaku afektif
D Perkembangan  perilaku ps ikomotorik

26. Berikut inimmerupakan  contoh mas alah yang timbul pada remaja akibat perkembangan  sosial, moralitas  dan keagamaan yaitu...
A Hidup dalam s uas ana remaja berkepanjangan
 B Adanya konflik dengan orangtua yang kadang remaja ingin meninggalkan  rumah
C Mudah s ekali digerakkan untuk melakukan gerakan atau kegiatan destruktif
D Meras a mengalami kegagalan terhadapa apa yang ingin dicapainya

27.  Remajyang bermas alah secara psikologis  merupakan  akibat adanya perubahan-perubahan fis ik dan ps ikis dalam pertumbuhan  daperkembangannya, namun  telah  menunjukkan  tanda-tanda  yang  mengarah  pada adany penyinpanga yang  diramalka dapat   merugika diriny s endiri  dan  lingkunga mas yarakat, merupakan remaja bermas alah tahap...
A Lemah
B Wajar
C Menengah
D Kuat

28. Tingkah laku yang menunjukkan tanda bahaya pas if atau widrawal adalah...
A Merasa tidak aman dan selalu melamun karena rasa yang kurang puas
B Putus as a
C Cepat tyers inggung
D Selalu memperlihatkan  rasa bingung

29.   Tanda-tanda  bahaya  dari individu  yang  tidak mampu  menyes uaikan  diri yang  umum dalam mas a remaja ditunjukkan oleh...
A Sifat yang s angat agres if dan s angat yakin pada diri s endiri
B Meras a ingin cepat pulang bila berada jauh dari lingkungan yang dikenal
C Perasaan menyerah
D A, B dan C benar

30.  Seorang  remaja yang mempunyai ras a rindu yang amat s angat bila ia jauh dari orangtuanya,  adalah contoh tingkah laku yang menunjukkan...
A Agres if
B Bahaya pas if
C Bahaya netral
D Pengunduran diri
31.  Penyes uaian diri yang menyiratkan  bahwa individu  s eakan-akan  mendapat  tekanan  kua untuk harus  s elalu mampu  menghindarkan  diri dari penyimpangan  perilaku  baik secara moral sosial dan emos ional merupakan penyes uaian diri s ebagai bentuk...
A Adaptasi
B. Konformitas
C Penguasaan
D Perilaku

32. Dibawah ini merupakan prins ip mengenai hakikat penyes uaian diri yang benar, kecuali...
A Memiliki kualitas penyes uaian diri yang berbeda
B Penyes uaian diri di tentukan oleh kapas itas internal
C Penyes uaian diri di tentukan oleh faktor internal dengan tuntunan lingkungan
D Penyes uaian diri di tentukan oleh kebias aan yang ada pada diri individu ters ebut

33. Menyes uaikan  pengaturan  kebutuhan  s eks ualnya  dalam  batas -batas  penenrimaan lingkungan  s os ialnya s ehingga terbebas dari kecemas an ps okos eks ual adalah karakteris tik penyes uaian diri remaja terhadap...
A Kehidupan
B Norma s os ial
C Kecemas an konflik dan frus tas i
D Peran dan identitas nya

34. Respon penyes uaian diri, baik atau buruk  secara sederhana dapat dipandang sebagai upaya organis me untuk mereduksi atau menjauhi ketegangan dan untuk memelihara kes eimbangan yang lebih wajar ditentukan oleh...
A Kualitas mental
B Kualitas sikap
C Kualitas motivasi
 D Kualitas res pon

35. Jika s eorang individu cenderung ragu-ragu, kurang percaya diri, gamang, rendah diri atau bahkan meras a takut ketika  harus  menyes uaikan  diri dengan  lingkungan  yang  baru  merupakan  ciri dari individu  yang  pernah mengalami pengalaman...
A Menyedihkan
B Determinasi diri
C Traumatik
D Realisasi diri

36. Mekanisme pertahanan diri menurut Sigmund Freud meliputi...
A Kreditas , proyeksi, konflik
B Rasionallisasi, proyeksi, regresi
C Konflik, frus tasi, identifikas i
D Frus tas i, sublimasi, kreditas

37. Uns ur kepribadian yang penting pengaruhnya terhadap penyes uaian diri adalah...
A.   Pendidikan
B. Pengalaman
C.   Penerimaan
D Intelegensi


38 Remaja  putri  lebih  s uka  berdandan  dan  berhias  untuk  menarik  lawan  jenis nya.  Hal ters ebut  merupakan perkembangan  remaja dalam...
A Mancapai peran s os ial pria dan wanita
B Menerima keadaan fis iknya dan menggunakannya  secara efektif
C Mengharapkan  tingkah laku s os ial yang bertanggung jawab
D Memperoleh s uatu himpunan nilai-nilai dan s is tem etika s ebagai pedoman tingkah laku

39. Hakikat tugas dalam mencapai jaminan kebebas an ekonomis adalah...
A Mempelajari anal perempuan s ebagai perempuan dan laki-laki s ebagai laki-laki
B Mempelajari peran s os ial dengan jenis kelaminnya s ebagai pria atau wanita
C Merasakan kemampuan membangun kehidupan sendiri
D Memilih pekerjaan yang memerlukan kemampuan agar tercipta lapangan pekerjaan

40. Hal berikut ini yang bukan merupakan akibat munculnya tugas -tugas perkembangan...
A Kematangan fis ik
B As piras i budaya
C As piras i individu
D Hukum alam

41. Yang merupakan contoh dari perkembangan  remaja dalam memcapai peran s os ial pria dan wanita adalah...
ARemaja  putri terkadang  lebih  mengutamaka ketertarikannya  kepada  karir,  cenderung mengangumu ayah dan kakaknya
BRemajputri cenderung  lebih tertarik kepada remaja putra yang us ianya beberapa  tahun lebih tua darinya
C.  Belajar  menjaga  hubungan  yang  baik  dengan  kelompok  dan  berpartis ipas i di dalam kelompoknya
D Mas ih mengharapkan  perlindungan dari orangtuanya

42. Tujuan individu dalam menyeles aikan tugas -tugas perkembangan  yaitu, k ecuali...
A.    Petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan  mas yarakat pada us ia-us ia tertentu
B.   Menunjukkan  tingkat  yang  diharapkan  dari mereka  jika  nanti  akan  memas uki tingkat perkembangan  berikutnya
C Individu maupun lingkungan s os ial mengharapkan  perilaku diluar kemampuan fis ik maupun ps ikologis
D Memberikan motivas i kepada setiap individu

43Menilai  intens itas  penilaian menund peras aan,  memahami  s tres ,  dan  mengendalika doronga hati merupakan cara mengembangkan  keterampilan...
A Kognitif
B Perilaku
C Emos ional
D Peras aan

44.  Caryang  dapat  dilakukan  untuk mengembangkan  perilaku  individu  dalam mempelajari  komunikas i verbal adalah...
A Menolak pengaruh negatif
B Berkomunikas i melalui pandangan wajah
C Belajar bers ikap pos itif
D Berkomunikas i melalui eks pres i wajah

45. Belajar mengembangkan  ketegasan berarti...
A Melakukan konfrontas i s ecara jujur dengan orang lain
B Bangga dan memandang diri s endiri dari s is i pos itif
C Memahami kapan dan bagaimana memimpin
D Mengungkapkan  keprihatinan dan peras aan tanpa ras a marah atau berdiam diri


46.  Pembicaraan s endiri untuk menangkap pes an-pes an negatif yang terkandung didalamnya danmenemukan  cara untuk menangani ras a takut, cemas , amarah merupakan belajar...
A Mengembangkan  pemahaman
B Menyelas aikan konflik
C Mengelola peras aan
D Mengambil keputus an pribadi

47.  Perubahan  pada bagian atau fungs i organis me itu berlangs ung s ecara beraturan  atau berurutan  tidak terjadi s ecara kebetulan atau loncat-loncat disebut dengan...
A Sis tematis
B Berantai
C Progres if
D Berkesinambungan

48.  Pada  awalnya  s eorang  anak hanya  melihat  atau  memperhatikan  dirinya  s ebagai pus at, dia melihat  bahwa lingkungan    it haru memenuh kebutuha dirinya Ha in menunjukkan    bahw ana mengalami perkembangan  yang berlangs ung...
A Dari egosentris me kepers pektivisme
B Dari konkret ke abs trak
C Berdiferens ias i
D Dari abs trak ke konkret

49.  Antarjas mani dan rohani merupakan  satu kesatuayang tidak dapat dibagi atau dipisahkan  sama sekali. Pandangan seperti ini kemudian dikenal dengan pendekatan...
ADualis me
B Monoisme
C Diktomi
D Spiritual

50.       Menurut  Aris toteles  dis ebutkan  bahwa ada gejala jiwa dalam as pek konas i. Konas i merupakan  gejala yang berpusat pada...
A.     Keinginan
B.     Kehendak
C.     Pikiran
D.     Kemauan

Tidak ada komentar: