Latihan Soal UAS
MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik
21. Suatu proses pencarian makna yang didalamnya mengandung hasrat untuk memahami, menyusun,mengatur, menganalisis menemukan hubungan-hubungan dan makna-makna serta membangun suatu sistem nilai disebut dengan...
A. Sifat hidup
B. Penyelesaian
C. Kedewasaan
D. Rasa ingin tahu
22. Salah s atu kebutuhan khas remaja menurut Garris on adalah...
A. Kebutuhan memperoleh fals afah hidup
B. Kebutuhan untuk bergantung pada diri s endiri
C. Kebutuhan untuk meniru orang lain
D. Kebutuhan malkukan tindakan kekerasan
23. Seseorang akan merasa senang, aman dan berharga ketika dirinya diterima dan memperoleh tempat didalam kelompok, dan sebaliknyaakan meras a cemas atau kurang berharga atau ketika dirinya tidak diterima bahkan disisihkan oleh kelompoknya. Hal ini sering terjadi karena belum terpenuhinya kebutuhan untuk...
A. Berprestasi C. Berafiliasi
B. Berkuasa D. Agsresi
24. Pros es perkembangan prilaku dan pribadi dipengaruhi oleh tiga faktor dominan yaitu...
A. Bawaan, kematangan, lingkungan
B. Intelegensi, kepribadian, bawaan
C. Kematangan, kepribadian, lingkungan
D. Intelegensi, lingkungan, kepribadian
25. Ketidakselarasan antara keinginan atau minat s es eorang dengan bakat khus us nya s ering membawa kes ulitan juga dalam memilih program jurus an jenis s ekolah yang akan dimasukinya merupakan mas alah yang timbul berkenaan dengan...
A. Perkembangan perilaku s os ial
B. Perkembangan perilaku kognitif
C. Perkembangan perilaku afektif
D. Perkembangan perilaku ps ikomotorik
26. Berikut inimmerupakan contoh mas alah yang timbul pada remaja akibat perkembangan sosial, moralitas dan keagamaan yaitu...
A. Hidup dalam s uas ana remaja berkepanjangan
B. Adanya konflik dengan orangtua yang kadang remaja ingin meninggalkan rumah
C. Mudah s ekali digerakkan untuk melakukan gerakan atau kegiatan destruktif
D. Meras a mengalami kegagalan terhadapa apa yang ingin dicapainya
27. Remaja yang bermas alah secara psikologis merupakan akibat adanya perubahan-perubahan fis ik dan ps ikis dalam pertumbuhan dan perkembangannya, namun telah menunjukkan tanda-tanda yang mengarah pada adanya penyinpangan yang diramalkan dapat merugikan dirinya s endiri dan lingkungan mas yarakat, merupakan remaja bermas alah tahap...
A. Lemah
B. Wajar
C. Menengah
D. Kuat
28. Tingkah laku yang menunjukkan tanda bahaya pas if atau widrawal adalah...
A. Merasa tidak aman dan selalu melamun karena rasa yang kurang puas
B. Putus as a
C. Cepat tyers inggung
D. Selalu memperlihatkan rasa bingung
29. Tanda-tanda bahaya dari individu yang tidak mampu menyes uaikan diri yang umum dalam mas a remaja ditunjukkan oleh...
A. Sifat yang s angat agres if dan s angat yakin pada diri s endiri
B. Meras a ingin cepat pulang bila berada jauh dari lingkungan yang dikenal
C. Perasaan menyerah
D. A, B dan C benar
30. Seorang remaja yang mempunyai ras a rindu yang amat s angat bila ia jauh dari orangtuanya, adalah contoh tingkah laku yang menunjukkan...
A. Agres if
B. Bahaya pas if
C. Bahaya netral
D. Pengunduran diri
31. Penyes uaian diri yang menyiratkan bahwa individu s eakan-akan mendapat tekanan kua untuk harus s elalu mampu menghindarkan diri dari penyimpangan perilaku baik secara moral sosial dan emos ional merupakan penyes uaian diri s ebagai bentuk...
A. Adaptasi
B. Konformitas
C. Penguasaan
D. Perilaku
32. Dibawah ini merupakan prins ip mengenai hakikat penyes uaian diri yang benar, kecuali...
A. Memiliki kualitas penyes uaian diri yang berbeda
B. Penyes uaian diri di tentukan oleh kapas itas internal
C. Penyes uaian diri di tentukan oleh faktor internal dengan tuntunan lingkungan
D. Penyes uaian diri di tentukan oleh kebias aan yang ada pada diri individu ters ebut
33. Menyes uaikan pengaturan kebutuhan s eks ualnya dalam batas -batas penenrimaan lingkungan s os ialnya s ehingga terbebas dari kecemas an ps okos eks ual adalah karakteris tik penyes uaian diri remaja terhadap...
A. Kehidupan
B. Norma s os ial
C. Kecemas an konflik dan frus tas i
D. Peran dan identitas nya
34. Respon penyes uaian diri, baik atau buruk secara sederhana dapat dipandang sebagai upaya organis me untuk mereduksi atau menjauhi ketegangan dan untuk memelihara kes eimbangan yang lebih wajar ditentukan oleh...
A. Kualitas mental
B. Kualitas sikap
C. Kualitas motivasi
D. Kualitas res pon
35. Jika s eorang individu cenderung ragu-ragu, kurang percaya diri, gamang, rendah diri atau bahkan meras a takut ketika harus menyes uaikan diri dengan lingkungan yang baru merupakan ciri dari individu yang pernah mengalami pengalaman...
A. Menyedihkan
B. Determinasi diri
C. Traumatik
D. Realisasi diri
36. Mekanisme pertahanan diri menurut Sigmund Freud meliputi...
A. Kreditas , proyeksi, konflik
B. Rasionallisasi, proyeksi, regresi
C. Konflik, frus tasi, identifikas i
D. Frus tas i, sublimasi, kreditas
37. Uns ur kepribadian yang penting pengaruhnya terhadap penyes uaian diri adalah...
A. Pendidikan
B. Pengalaman
C. Penerimaan
D. Intelegensi
38. Remaja putri lebih s uka berdandan dan berhias untuk menarik lawan jenis nya. Hal ters ebut merupakan perkembangan remaja dalam...
A. Mancapai peran s os ial pria dan wanita
B. Menerima keadaan fis iknya dan menggunakannya secara efektif
C. Mengharapkan tingkah laku s os ial yang bertanggung jawab
D. Memperoleh s uatu himpunan nilai-nilai dan s is tem etika s ebagai pedoman tingkah laku
39. Hakikat tugas dalam mencapai jaminan kebebas an ekonomis adalah...
A. Mempelajari anal perempuan s ebagai perempuan dan laki-laki s ebagai laki-laki
B. Mempelajari peran s os ial dengan jenis kelaminnya s ebagai pria atau wanita
C. Merasakan kemampuan membangun kehidupan sendiri
D. Memilih pekerjaan yang memerlukan kemampuan agar tercipta lapangan pekerjaan
40. Hal berikut ini yang bukan merupakan akibat munculnya tugas -tugas perkembangan...
A. Kematangan fis ik
B. As piras i budaya
C. As piras i individu
D. Hukum alam
41. Yang merupakan contoh dari perkembangan remaja dalam memcapai peran s os ial pria dan wanita adalah...
A. Remaja putri terkadang lebih mengutamakan ketertarikannya kepada karir, cenderung mengangumu ayah dan kakaknya
B. Remaja putri cenderung lebih tertarik kepada remaja putra yang us ianya beberapa tahun lebih tua darinya
C. Belajar menjaga hubungan yang baik dengan kelompok dan berpartis ipas i di dalam kelompoknya
D. Mas ih mengharapkan perlindungan dari orangtuanya
42. Tujuan individu dalam menyeles aikan tugas -tugas perkembangan yaitu, k ecuali...
A. Petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan mas yarakat pada us ia-us ia tertentu
B. Menunjukkan tingkat yang diharapkan dari mereka jika nanti akan memas uki tingkat perkembangan berikutnya
C. Individu maupun lingkungan s os ial mengharapkan perilaku diluar kemampuan fis ik maupun ps ikologis
D. Memberikan motivas i kepada setiap individu
43. Menilai intens itas penilaian, menunda peras aan, memahami stres , dan mengendalikan dorongan hati merupakan cara mengembangkan keterampilan...
A. Kognitif
B. Perilaku
C. Emos ional
D. Peras aan
44. Cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan perilaku individu dalam mempelajari komunikas i verbal adalah...
A. Menolak pengaruh negatif
B. Berkomunikas i melalui pandangan wajah
C. Belajar bers ikap pos itif
D. Berkomunikas i melalui eks pres i wajah
45. Belajar mengembangkan ketegasan berarti...
A. Melakukan konfrontas i s ecara jujur dengan orang lain
B. Bangga dan memandang diri s endiri dari s is i pos itif
C. Memahami kapan dan bagaimana memimpin
D. Mengungkapkan keprihatinan dan peras aan tanpa ras a marah atau berdiam diri
46. Pembicaraan s endiri untuk menangkap pes an-pes an negatif yang terkandung didalamnya danmenemukan cara untuk menangani ras a takut, cemas , amarah merupakan belajar...
A. Mengembangkan pemahaman
B. Menyelas aikan konflik
C. Mengelola peras aan
D. Mengambil keputus an pribadi
47. Perubahan pada bagian atau fungs i organis me itu berlangs ung s ecara beraturan atau berurutan tidak terjadi s ecara kebetulan atau loncat-loncat disebut dengan...
A. Sis tematis
B. Berantai
C. Progres if
D. Berkesinambungan
48. Pada awalnya seorang anak hanya melihat atau memperhatikan dirinya sebagai pus at, dia melihat bahwa lingkungan itu harus memenuhi kebutuhan dirinya. Hal ini menunjukkan bahwa anak mengalami perkembangan yang berlangs ung...
A. Dari egosentris me kepers pektivisme
B. Dari konkret ke abs trak
C. Berdiferens ias i
D. Dari abs trak ke konkret
49. Antara jas mani dan rohani merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dibagi atau dipisahkan sama sekali. Pandangan seperti ini kemudian dikenal dengan pendekatan...
A. Dualis me
B. Monoisme
C. Diktomi
D. Spiritual
50. Menurut Aris toteles dis ebutkan bahwa ada gejala jiwa dalam aspek konasi. Konasi merupakan gejala yang berpusat pada...
A. Keinginan
B. Kehendak
C. Pikiran
D. Kemauan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar