Kunci Jawaban
Pembelajaran PKn di SD PDGK4201
( Bagian 5 No : 41 - 50 )
No 41 :
a. benar,
untuk menginformasikan kepada hadirin tentang pentingnya masalah yang
diidentifikasi di masyarakat merupakan tujuan pokok dari kegiatan show case
dalam pembelajaran portofolio
b. benar,
untuk menjelaskan dan mengevaluasi kebijakan alternatif mengatasi masalah
sehingga hadirin dapat memahami keuntungan dan kerugian dari setiap kebijakan
tersebut merupakan tujuan pokok dari kegiatan show case dalam pembelajaran
portofolio
c. benar,
untuk mendiskusikan kebijakan yang dipilih kelas sebagai kebijakan terbaik
untuk mengatasi masalah
d. salah, agar
siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat merupakan
tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
No 42 :
a. benar,
karena menggunakan hak yang dimiliki sesuai dengan kaidah-kaidah normatif yang
berlaku, seperti norma agama, kesusilaan, kesopanan dan agama merupakan sikap
dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina
ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas
b. benar,
karena menghargai hak dan kewajiban serta kepentingan orang lain merupakan
sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya
membina ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas
c. benar,
karena menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara merupakan sikap dan perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap
warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi
warga negara yang cerdas
d. salah, karena keanekaragaman
dalam masyarakat harus dihapus digantikan dengan kesamaan dalam semua aspek
agar tidak timbul konflik bukan merupakan sikap dan perbuatan yang harus
dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina ketertiban sebagai
perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas
No 43 :
a. Benar,
karena Sense of interest potensi dasar mental manusia yang merupakan keinginan
atau kehendak terhadap sesuatu
b. Salah,
karena Sense of curiosity potensi dasar mental manusia yang berkaitan dengan
dorongan keingintahuan terhadap sesuatu objek dalam kehidupan secara mendalam
c. Salah,
karena Sense of reality potensi dasar mental manusia yang berkaitan dengan
dorongan untuk membuktikan kenyataann sebenarnya
d. Salah,
karena Sense of inquiry potensi dasar mental manusia yang berkaitan dengan
dorongan untuk menyelidiki terhadap suatu objek tertentu
No 44 :
a. salah,
karena apatisme mempunyai arti sebagai sikap yang tidak punya minat atau tidak
punya perhatian terhadap orang lain, situasi atau gejala-gejala pada umumnya
dan pada khususnya
b. benar, karena
sinisme merupakan perasaan yang menghayati tindakan dan motif orang lain dengan
rasa kecurigaan
c. salah,
karena alienasi merupakan perasaan keterasingan seseorang dari politik dan
pemerintahan masyarakat, dan kecenderungan berpikir mengenai pemerintahan dan
politik bangsa dilakukan oleh orang lain dan untuk orang lain, mengikuti
sekeumpulan aturan-aturan yang tidak adil
d. salah,
karena anomie sebagai perasaan kehilangan nilai dan ketiadaan arah, dimana
individu mengalami perasaan tidak efektif dan perasaan dipedulikan oleh para
penguasa negara, yang mengakibatkan hilangnya urgensi untuk bertindak, dan
tidak terarahnya tujuan-tujuannya
No 45 :
a. Benar, karena
menurut Purbacaraka, bahwa tanggung jawab bersumber atau lahir atas penggunaaan
fasilitas dalam penerapan kemampuan tiap orang untuk menggunakan hak atau dan
melaksanakan kewajibannya
b. Salah,
karena menurut Ridwan Halim tanggung jawab sebagai suatu akibat lebih lanjut
dari pelaksanaan peran , baik peranan itu hak maupun kewajiban ataupun
kekuasaanc
c. Salah,
karena menurut Plato bahwa warga negara yang bertanggung jawab mempunyai empat
keutamaan atau kebajikan
d. Salah, karena menurut Aristoteles,
warga negara yang bertanggung jawab adalah warga negara yang memiliki 4
keutamaan atau kebajikan selaku warga negara yang dihubungkan dengan tiga
bagian jiwa manusia
No 46 :
a. benar,
bergaul atau berinteraksi dengan sesama warga masyarakat dengan tidak
menonjolkan perbedaan agama, keturunan, bahasa, budaya, ras atau etnik
merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama
b. benar,
tidak melakukan tindakan yang memprovokasi, seperti mangadu domba, rasa kedaerahan
yang sempit maupun etnosentrisme, pelecehan ajaran agama tertentu merupakan
perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan beragama
c. benar, karena tidak mencampuradukkan
ajaran-ajaran agama yang satu dengan lainnya merupakan perwujudan sikap toleransi
dalam kehidupan beragama
d. salah,
melakukan kegiatan ritual setiap agama, agar dapat menghayati setiap agama yang
ada di lingkungannya bukan merupakan perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan
beragama
No 47 :
a. benar,
membantu mengklarifikasi tujuan pembelajaran bagi peserta didik merupakan
tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru
b. benar,
menginformasikan kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam belajar merupakan
tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru
c. benar,
menginformasikan peserta didik bagaimana meningkatkan proses dan hasil
belajarnya merupakan tujuan penilaian yang dilakukan oleh guru
d. salah,
sebagai alat bagi guru untuk mengancam siswa apabila melanggar tata tertib atau
melakukan perbuatan yang dianggap guru tidak baik bukan merupakan tujuan
penilaian yang dilakukan oleh guru
No 48 :
a. benar, valid
merupakan prinsip penilaian kelas yang harus mengukur apa yang seharusnya di
ukur dengan menggunakan alat yang dapat dipercaya, tepat, dan sahih
b. salah,
karena prinsip mendidik merupakan penilaian harus memberikan sumbangan positif
terhadap pencapaian hasil belajar siswa
c. salah,
karena prinsip berorientasi pada kompetensi merupakan penilaian harus menilai
pencapaian kompetensi dasar yang dimaksud dalam kurikulum
d. salah,
karena prinsip adil dan objektif merupakan penilaian harus adil terhadap semua
sisiwa dan tidak-tidak membeda-bedakan latar belakang sisiwa yang tidak
berkaitan dengan pencapaian hasil belajar
No 49 :
a. benar, karena
model penilaian daftar cocok merupakan model penilaian yang digunakan untuk
mengetahui bagaimana respon atau pendapat siswa terhadap suatu permasalahan
yang berkaitan dengan materi atau pokok bahasan/sub pokok bahasan yang
diajarkan
b. salah,
karena model penilaian catatan anekdot yaitu catatan-catatan kejadian khusus
yang dapat dipergunakan untuk melihat perkembangan individu atau kelompok siswa
c. salah,
karena model penilaian skala bertingkat adalah alat penilaian non tes untuk
mengukur karakteristik tertentu sebagaimana diharapkan muncul dalam diri siswa
d. salah,
karena model penilaian sosiometri alat penilaian non tes yang bertujuan untuk
melihat sampai sejauhmana sikap sosial siswa di kelas
No 50 :
a. salah,
karena karakteristik multisumber mempunyai makna bahwa bahan-bahan yang akan
dijadikan portofolio oleh siswa dapat diambil dari berbagai sumber, baik dari
hasil pengamatan sederhana, penelitian sederhana, media massa ataupun jenis penugasan lainnya
b. benar, karena karakteristik
authentic mempunyai makna bahwa bahan-bahan yang dikembangkan oleh siswa
benar-benar nyata dikembangkan dan disusun oleh siswa
c. salah,
karena karakteristik eksplisit mempunyai makna bahwa adanya kejelasan apa yang
ditugaskan kepada siswa dengan apa yang menjadi target harapan
d. salah, karena karakteristik integrasi
mempunyai makna bahwa penilaian portofolio merupakan penilaian yang dilakukan
tergadap hasil karya siswa secara terintegrasi antarkompetensi pengetahuan,
sikap, dan keterampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar