LATIHAN SOAL UAS
MKDK4002 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
1. Berikut ini yang menunjukkan perkembangan fis ik s is wa SLTA ( Remaja Akhir ) adalah...
A. Gerak-gerik tampak canggung dan kurang terakomodas i
B. Laju perkembangan s ecara umum berlangs ung s ecara pes at
C. Aktif dalam
berbagai cabang permainan yang dicobanya
D. Siap berfungsinya organ-organ reproduktif
2. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fis ik yaitu, k ecuali...
A. Sifat jas maniah yang diwaris kan oleh orangtuanya
B. Kematangan
C. Karakteristik individunya
D. Stimulasi lingkungan
3. Perkembangan intelektual s is wa SLTP ditunjukkan oleh...
A. Mampu mengoeras
ikan kaidah-kaidah
logika formal
B. Kecakapan das ar umum
menjalani laju perkembangan yang terpesat
C. Kecenderungan
bakat tertentu memcapai titik puncak dan kemantapannya
D. Tercapainya titik puncak pencapaian umum
4. Kemampuan untuk mempersepsi, melakukan
sentuhan-sentuhan, melakukan berbagai gerakan dan secara perlahan-lahan
belajar mengkoordinasikan tindakan-tindakannya merupakan ciri dari tahap perkembangan...
A. Sens ori – Motoris
B. Operas ional Formal
C. Operas ional Konkret
D. Operasional
5. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Individu dapat mencapai logika dan ras io s erta dapat menggunakan abs traks i
2) Individu telah mengkombinas ikan dan mentrans formas ikan berbagai informasi
3) Individu mulai mampu memecahkan pers oalan-pers oalan yang bers ifat hipotes is
4) Individu mulai mampu membuat pikiran di mas a depan
Dari pernyataan
diatas yang
merupakan karakteris tik tahap
operas ional formal
ditunjukkan
oleh nomor...
A. 1 dan 4
B. 1,
2, dan 3
C. 2,
3, dan 4
D. 1,
3, dan 4
6. Kesepian, depresi, kesal hati, terpana dan tersinggung merupakan bebtuk-bentuk emosi. Dari contoh tersebut yang merupakan bentuk emos i “Malu” adalah...
A. Kesal hati
B . Kes epian
C. Depres i
D. Terpana
7. Berkembangnya
kemampuan berfikir formal ditandai dengan, k ecuali...
A. Mulai mampu melihat tentang kemungkinan-kemungkinan
B. Membias akan remaja menghadapi tantangan
C. Mampu memadukan ide-ide s ecara logis
D. Mampu berfikir ilmiah
8. Gerak cepat yang tampak dalam s ituas i-s ituas i yang mendes ak dan membutuhkan tindakan penyelamatan
diri adalah ciri utama pikiran emos ional...
A. Res pon yang cepat tetapi ceroboh
B. Realitas yang ditentukanoleh keadaan
C. Mas a lampau dipos is ikan s ebagai mas a s ekarang
D. Mendahulukan
peras aan kemudian pikiran
9. “Gejala-gejala
kejas maniaan atau tingkah laku s es eorang bukanlah merupakan
akibat dari emos i, melainkan emos i yang dialami individu itu sebagai akibat dari gejala-gejala kejas maniaan.” Hal ters ebut ses uai dengan teori emos i...
A. Peripheral
B. Kepribadian
C. Sentral
D. Kedaruratan emosi
10. Menggunakan bahas a
dengan baik
ketika berkomunikas i
dengan oarng lain
merupakan keterampilan berbahas a menurut komponen...
A.
Semantik
B.
Fonologi
C.
Pragmatik
D.
Grammar atau tata bahasa
11. Berikut ini yang bukan merupakan cara berpikir individu yang bers ifat egos entris yaitu...
A. Imajinatif
B. Memiliki ras a “aku” yang tinggi
C. Mengemukakan alas an-alas an dalam berbagai ide-ide
D. Manampakkan
bahas a yang mulai pes at
12. Anak yang memiliki bakat khus us menonjol s ering dis ebut...
A. Gifted children
B. Talented children
C. Smart children
D. Skilled children
13. Jenis -jenis bakat khus us menurut Conny Setiawan dan Utami Munandar adalah, k ecuali...
A. Bakat intelektual
B. Bakat s eni
C. Bakat s os ial
D. Bakat ps ikomotorik
14. Faktor eks ternal yang mempengaruhi perkembangan bakat khus us adalah...
A. Motifas i pers tas i
B. Keberanian mengambil res iko
C. Keuletan dalam menghadapi tantangan
D. Kes empatan maks imal untuk memaksimalkan diri
15. Meniru penampilan
atau tingkah laku moral s es eorang yang menjadi idolanya seperti orangtua, guru maupun artis adalah pros es perkembangan moral dengan cara...
A. Pendidikan langsung
B. Pros es coba-coba
C. Identifikas i
D. Asosiasi
16. Membantah pendapat orang lain, menjadi pemimpin kelompoknya, mengabil keputusan dengan mengatas namakan kelompok dan menetapkan pers etujuan secara sepihak adalan contoh dari kebutuhan...
A.
Exhibition
B. Aggres
s ion
C.
Autonomy
D. Dominance
17. Kebutuhan diartikan s ebagai kekuatan yang mempengaruhi perseps
i dan tindakan untuk mengatasi ketidaknyamanan situasi yang berlangs ung merupakan kons ep kebutuhan menurut...
A. Murray
B. Palmer
C. Garris on
D. Mc. Clelland
18. Orang-orang yang mempunyai kebutuhan untuk berpres tas i tinggi memiliki ciri-ciri berikut, k ecuali...
A. Seang menetapkan s endiri tujuan has il karyanya
B. Memiliki keinginan untuk mempunyai pengaruh terhadap orang lain
C. Memiliki ras a ingin tau yang tinggi
D. Senang bertanggungjawab akan pemecahan mas alah walau diras akan sulit
19. Menurut Mas low puncak dari kebutuhan manus ia adalah...
A. Rasa ingin tau
B. Pengaruh fis iologis
C. Aktualisas i diri
D. Ras a memiliki dan kas ih s ayang
20. Murray mengelompokkan kebutuhan-kebutuhan manus ia berdas arkan kebutuhan...
A. Fis ik
B. Ps okologis
C. Sosial
D. Es tetika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar