PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
1. Jika seorang anak
dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan
tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut
telah memiliki kekekalan
A. Bilangan
B. Isi
C. Panjang
D. Luas
2. Yang merupakan
tahapan proses belajar menurut Brunner adalah ....
A. Tahap Enaktif
B. Tahap
Representasi
C. Tahap
Simbolisasi
D. Tahap Formalisasi
3. Berikut
ini termasuk
dalam tahapan kegiatan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD, kecuali adalah ....
A. memilih
materi pelajaran
B. mengerjakan
latihan soal-soal
C. tujuan belajar matematika
D. sumber belajar
4. Dalam suatu pembelajaran mengenal istilah atau pengertian “penjumlahan” dan “lambang untuk
penjumlahan (+)”disebut ....
A. Konsep dasar
B. Konsep yang berkembang dari konsep dasar
C. Konsep
yang
harus dibina keterampilannya
D. Konsep
berhitung
5. Berikut ini termasuk
rancangan
model-model pendekatan pembelajaran matematika “mengenal bilangan
bulat positif dan
bulat
negatif” dengan menggunakan pendekatan pemahaman konsep, kecuali adalah
....
A. Sebagai apersepsi para siswa diingatkan lagi tentang bilangan-bilangan asli dan bilangan-
bilangan cacah
B. Melalui lingkungan kehidupan
sehari-hari yang bervariasi diperkenalkan konsep
bilangan positif
dan bilangan
bulat negatif
C. Guru membantu para siswa dengan beberapa penjelasan
D. Siswa melakukan
secara mandiri
6. Nilai angka 9 pada lambang bilangan 479.035 adalah ....
A. 900.000
B.
90.000
C. 9.000
D. 900
8. Selesaikan dengan
cara susun pendek
: 2.342 + 786 + 45 + 3 = ....
A. 3.167
B. 3.176
C. 4.167
D. 4.176
9. Berikut ini termasuk
sifat-sifat
penjumlahan pada bilangan cacah, kecuali adalah ....
A. tertutup
B. pengelompokkan
C. pertukaran
D. tidak tertutup
10. Akar pangkat
3 dari 512 adalah ....
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
11. 31.450 + 112 x 25
– 6250 : 25
= .....
A. 34.250
B. 34.000
C. 33.750
D. 33.500
12. Perhatikan urutan bilangan
bulat
berikut : -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5
Dari urutan
bilangan diatas, bilangan negatif yang
terbesar adalah ....
A. -1
B. -3
C. -4
D. -5
13. -6 + (-4) = ....
A. 10
B. 2
C. -2
D. -10
14. Bilangan 9,45
dibulatkan hingga satuan terdekat sama dengan
....
A.
9,0
B. 9,4
C. 9,5
D. 10
15. ( 32 )3 = .....
A. 35
B. 36
C. 38
D. 39
16. Akar dari 256 adalah ....
A. 14
B. 16
C. 24
D. 26
17. Jika volume suatu kubus 64 cm3, maka panjang rusuk kubus tersebut adalah ....
A. 3 cm
B. 4 cm
C. 6 cm,
D. 8 cm
18. Bilangan yang tepat untuk
bilangan
Romawi CXXIII adalah ....
A. 73
B. 123
C. 523
D. 1023
19. Bilangan yang tidak habis dibagi dua disebut ....
A. Bilangan genap
B. Bilangan ganjil
C. Bilangan cacah
D. Bilangan
prima
20. Faktor prima dari 30 adalah ....
A. 2 dan 3
B. 3 dan 5
C. 1, 2, 3 dan 5
D. 2, 3 dan
5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar