Kamis, 04 Desember 2014

Kunci Jawaban Pembelajaran PKn di SD PDGK4201 Bagian 4 No : 31 - 40

Kunci Jawaban Pembelajaran PKn di SD PDGK4201

( Bagian 4 No : 31 - 40 )


No 31 :
a.   Salah, karena menurut Hornby, demokrasi adalah negara dengan prinsip pemerintahannya yang ditnadai oleh adanya partisipasi warga negara yang sudah dewasa ikut berpartisipasi dalam pemerintahan
b.   Benar, karena menuru Abraham Lincoln Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat
c.   Salah, karena menurut Torres, demokrasi sebagai salah satu bentuk pemerintahan, demokrasi sebagai suatu landasan pelaksanaan kekuasaan tertinggi di tangan rakyat, dan demokarsi sebagai konsep republik sebagai bentuk pemerintahan yang murni
d.  Salah, karena menurut Miriam Budiarjo, demokrasi adalah rakyat berkuasa atau government or rule by the people

No 32 :
a. Benar, karena menurut Udin S. Winataputra pendidikan demokrasi adalah upaya sistematis yang dilakukan negara dan masyarakat untuk menfasilitasi individu warga negara agar memahami, menghayati, mengamalkan dan mengembangkan konsep, prinsip dan nilai demokrasi sesuai dengan status perannya dalam masyarakat
b.  Salah, karena menurut Numan Somantri adalah bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan keseluruhan kegiatan sekolah, rumah, dan masyarakat yang dapat menumbuhkan demokrasi
c.  Salah, karena menurut Gandal dan Finn bahwa demokrasi tidak dapat mengajarkannya sendiri
d.  Salah, karena menurut Thomas Jefferson bahwa pengetahuan, skill, perilaku warga negara yang demokratis tidak akan terjadi dengan sendirinya, tetapi harus diajarkan kepada generasi penerus.

No 33 :
a.  benar, karena berpandangan yang pluralistik uniter merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak.
b.  Benar, karena sikapnya dalam menempatkan individu, negara, dan masyarakat global yang harmonis merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak
c.  Benar, karena tujuan yang diarahkan pada semua dimensi kecerdasan merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak
d.  Salah, karena konteks yang menghasilkan pengalaman belajar yang eksklusif bukan merupakan paradigma pendidikan demokrasi yang perlu dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat multidimensional atau bersisi jamak

No 34 :
a.  salah, karena konsep mempunyai makna yang menunjukkan kepada sesuatu, pengertian tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk kata-kata, nama atau pernyataan
b.  benar, karena nilai mempunyai makna sesuatu yang merujuk kepada tuntunan perilaku yang membedakan perbuatan yang baik dan buruk atau dapat diartikan sebagai kualitas kebaikan yang melekat pada sesuatu
c.  salah, karena moral mempunyai makna keharusan perilaku yang dibawakan oleh nilai
d.  salah, karena norma merupakan sumber dasar hukum yang menguatkan kedudukan konsep, nilai, dan moral serta perilaku yang dilakukan

No 35 :
a.   benar, pasal 26 ayat 1 UUD 1945 menyatakan tentang Yang menjadi WNI adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga Negara
b.   salah, karena pasal 27 UUD 1945 menyatakan tentang kesamaan kedudukan di depan hukum
c.  salah, karena pasal 28 UUD 1945 menyatakan tentang kebebasan mengeluarkan pendapat, berserikat dn berkumpul
d.  salah, karena pasal 29 UUD 1945 menyatakan tentang kehidupan beragama

No 36 :
a.  benar, kerena kecintaan pada tanah air merupakan dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
b.  benar, karena kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia merupakan dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
c.  benar, karena keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai ideologi negara, dan kerelaan berkorban merupakan dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut
d.  salah, karena kesetiaan terhadap pimpinan, walaupun dalam keadaan salah atau benar bukan merupakan dasar dari perwujudan bela negara yang dilandasi oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh, terpadu dan berlanjut

No 37 :
a.  benar, karena pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa merupakan kekuatan/ keunggulan dari pembelajaran tematik
b.  salah, karena menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan guru bukan merupakan kekuatan/ keunggulan dari pembelajaran tematik
c.  benar, karena hasil belajar akan bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna merupakan kekuatan/ keunggulan dari pembelajaran tematik
d.  benar, karena mengembangkan keterampilan berpikir siswa dengan permasalahannya yang dihadapi merupakan kekuatan/ keunggulan dari pembelajaran tematik

No 38 :
a.  benar, karena webbed merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan tema tertentu yang berkecenderungan dapat disampaikan melalui beberapa mata pelajaran
b.  salah, karena connected merupakan model pembelajaran yang dilandasi anggapan bahwa butir-butir pembelajaran dapat dipayungkan pada induk mata pelajaran tertentu
c.  salah, karena integrated merupakan model pemaduan sejumlah tema pembelajaran dari mata pelajaran yang berbeda tetapi esensinya sama dalam sebuah tema/topik tertentu.
d.  salah, karena networked merupakan model pembelajaran yang lebih menfokuskan kepada jaringan kerjasama

No 39 :
a.   benar, karena mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat merupakan langkah pertama dalam pembelajaran portofolio
b.  salah, karena memilih masalah untuk kajian kelas merupakan langkah kedua dalam pembelajaran portofolio
c.  salah, karena mengumpulkan informasi tentang masalah yang akan dikaji oleh kelas merupakan langkah ketiga dalam pembelajaran portofolio
d.  salah karena mengembangkan portofolio kelas merupakan langkah keempat dalam pembelajaran portofolio

No 40 :
a.  benar, agar siswa menyadari apa yang mereka ketahui tentang masalah di masyarakat merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
b.  benar, agar mendiskusikan permasalahan ini dengan orangtua siswa, tetangga, atau anggota masyarakat lain untuk menemukan apa yang mereka ketahui dan apa yang mereka pikirkan tentang permasalahan ini merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
c.  benar, mengumpulkan informasi yang cukup untuk memilih masalah yang disepakati oleh mayoritas siswa merupakan tujuan dari tahap mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat
d.  salah, karena mengkaji informasi yang telah dikumpulkan yang dianggap paling penting merupakan langkah dari memilih masalah untuk kajian kelas

Tidak ada komentar: