Kamis, 04 Desember 2014

LATIHAN SOAL UAS PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1

PDGK4203 PENDIDIKAN MATEMATIKA 1


1. Jika seorang anak dikatakan telah mengerti bahwa banyaknya benda-benda itu akan tetap walaupun letaknya berbeda-beda, maka dikatakan anak tersebut telah memiliki kekekalan

A. Bilangan
B. Isi
C. Panjang
D. Luas

2. Yang merupakan tahapan proses belajar menurut Brunner adalah ....

A. Tahap Enaktif
B. Tahap Representasi
C. Tahap Simbolisasi
D. Tahap Formalisasi

3. Berikut ini termasuk dalam tahapan kegiatan rencana pelaksanaan pembelajaran matematika di SD, kecuali adalah ....
A. memilih materi pelajaran
B. mengerjakan latihan soal-soal
C. tujuan belajar matematika
D. sumber belajar

4. Dalam suatu pembelajaran mengenal istilah atau pengertian penjumlahan dan “lambang untuk penjumlahan (+)”disebut ....

A. Konsep dasar
B. Konsep yang berkembang dari konsep dasar
C. Konsep yang harus dibina keterampilannya
D. Konsep berhitung

5. Berikut ini termasuk rancangan model-model pendekatan pembelajaran matematika “mengenal bilangan bulat positif dan bulat negatif dengan menggunakan pendekatan pemahaman konsep, kecuali adalah ....

A. Sebagai apersepsi para siswa diingatkan lagi tentang bilangan-bilangan asli dan bilangan- bilangan cacah
B. Melalui lingkungan kehidupan sehari-hari yang bervariasi diperkenalkan konsep bilangan positif dan bilangan bulat negatif
C. Guru membantu para siswa dengan beberapa penjelasan
D. Siswa melakukan secara mandiri
6. Nilai angka 9 pada lambang bilangan 479.035 adalah ....
A. 900.000
B. 90.000
C. 9.000
D. 900

8. Selesaikan dengan cara susun pendek : 2.342 + 786 + 45 + 3 = ....
A. 3.167
B. 3.176
C. 4.167
D. 4.176
9. Berikut ini termasuk sifat-sifat penjumlahan pada bilangan cacah, kecuali adalah ....
A. tertutup
B. pengelompokkan
C. pertukaran
D. tidak tertutup
10. Akar pangkat 3 dari 512 adalah ....
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9


11.  31.450 + 112 x 25 – 6250 : 25 = .....

A. 34.250
B. 34.000
C. 33.750
D. 33.500

12. Perhatikan urutan bilangan bulat berikut : -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5
Dari urutan bilangan diatas, bilangan negatif yang terbesar adalah ....

A. -1
B. -3
C. -4
D. -5
13.   -6 + (-4) = ....
A. 10
B. 2
C. -2
D. -10
14. Bilangan 9,45 dibulatkan hingga satuan terdekat sama dengan ....
A. 9,0
B. 9,4
C. 9,5
D. 10
15.     ( 32 )3 = .....
A. 35
B. 36
C. 38
D. 39


16. Akar dari 256 adalah ....
A. 14
B. 16
C. 24
D. 26
17. Jika volume suatu kubus 64 cm3, maka panjang rusuk kubus tersebut adalah ....
A. 3 cm
B. 4 cm
C. 6 cm,
D. 8 cm
18. Bilangan yang tepat untuk bilangan Romawi CXXIII adalah ....
A. 73
B. 123
C. 523
D. 1023
19. Bilangan yang tidak habis dibagi dua disebut ....
A. Bilangan genap
B. Bilangan ganjil
C. Bilangan cacah
D. Bilangan prima

20. Faktor prima dari 30 adalah ....
A. 2 dan 3
B. 3 dan 5
C. 1, 2, 3 dan 5
D. 2, 3 dan 5

Tidak ada komentar: