Kamis, 04 Desember 2014

Latihan Soal UAS MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik Bagian 2 No 21 - 50

Latihan  Soal UAS
MKDK4002 Perkembangan  Peserta Didik
21. Suatu proses pencaria makna yang didalamny mengandun hasrat untuk memahami,  menyusun,mengaturmenganalisi menemukan   hubungan-hubunga da makna-makna   sert membangun   suat siste niladisebut dengan...
A.   Sifat hidup
B.   Penyelesaian
C.   Kedewasaan
D.   Rasa ingin tahu

22. Salah s atu kebutuhan khas remaja menurut Garris on adalah...
A.   Kebutuhan memperoleh fals afah hidup
B.   Kebutuhan untuk bergantung pada diri s endiri
     C.  Kebutuhan untuk meniru orang lain
D.  Kebutuhan malkukan tindakan kekerasan

23 Seseorang  akan merasa senang, aman dan berharg ketika dirinya diterim dan memperole tempat didalakelompok, dan sebaliknyaaka meras a cemas atau kurang berharga atau ketika dirinya tidak diterima bahkadisisihkan oleh kelompoknya. Haini sering terjadi karena beluterpenuhinya kebutuhan untuk...
A.     Berprestasi                  C.     Berafiliasi
B.     Berkuasa                     D.     Agsresi

24. Pros es perkembanga prilaku dan pribadi dipengaruhi oleh tiga faktor dominan yaitu...
A.   Bawaan, kematangan, lingkungan
B.   Intelegensi, kepribadian, bawaan
C.   Kematangan, kepribadian, lingkungan
D.   Intelegensi, lingkungan, kepribadian

25. Ketidakselarasan antara keinginan atau minat s es eorang dengan bakat khus us nya s ering membawa kes ulitajuga dalam memili program jurus an jenis s ekolah yang akan dimasukinya merupaka mas alah yang timbuberkenaan dengan...
A.   Perkembanga perilaku s os ial
B.   Perkembangan  perilaku kognitif
C.   Perkembanga perilaku afektif
D.   Perkembanga perilaku ps ikomotorik

26Berikut inimmerupaka contoh mas alah yang timbul pada remaja akibat perkembanga sosial, moralita dakeagamaan yaitu...
A.   Hidup dalam s uas ana remaja berkepanjangan
 B.   Adanya konflik dengan orangtua yang kadang remaja ingin meninggalka rumah
C.   Mudah s ekali digerakkan untuk melakukan gerakan atau kegiatan destruktif
D.   Meras a mengalami kegagalaterhadapa apa yang ingin dicapainya

27 Remaja  yang bermas alah secara psikologi merupaka akibat adanya perubahan-perubahan fis ik dan ps ikidalam pertumbuha dan  perkembangannya, namu tela menunjukka tanda-tand yan mengara padadanya   penyinpangan   yan diramalkan   dapat   merugikan   dirinya   s endir da lingkungan   mas yarakatmerupakan remaja bermas alah tahap...
A.   Lemah
B.   Wajar
C.   Menengah
D.   Kuat

28. Tingkah laku yang menunjukkan tanda bahaya pas if atau widrawal adalah...
A.   Merasa tidak aman dan selalu melamun karena rasa yang kurang puas
B.   Putus as a
C.   Cepat tyers inggung
D.   Selalu memperlihatka rasa bingung

29.   Tanda-tand bahay dari individ yan tidak mamp menyes uaika diri yan umum dalam mas a remajditunjukkan oleh...
A.   Sifat yang s angat agres if dan s angat yakin pada diri s endiri
B.   Meras a ingin cepat pulang bila berada jauh dari lingkungan yang dikenal
C.   Perasaan menyerah
D.   A, B dan C benar

30 Seoran remaja yang mempunyai ras a rindu yang amat s angat bila ia jauh dari orangtuanya adalah contotingkah laku yang menunjukkan...
A.   Agres if
B.   Bahaya pas if
C.   Bahaya netral
D.   Pengunduran diri
31 Penyes uaian diri yang menyiratka bahwa individ s eakan-aka mendapa tekana kua untuk haru s elalmamp menghindarka diri dari penyimpanga perilak baik secara moral sosial dan emos ional merupakapenyes uaian diri s ebagai bentuk...
A.   Adaptasi
BKonformitas
C.   Penguasaan
D.   Perilaku

32. Dibawah ini merupakan prins ip mengenai hakikat penyes uaian diryang benar, kecuali...
A.   Memiliki kualitas penyes uaian diryang berbeda
B.   Penyes uaian dirdi tentukan oleh kapas itas internal
C.   Penyes uaian dirdi tentukan oleh faktor internal dengan tuntunan lingkungan
D.   Penyes uaian dirdi tentukan oleh kebias aan yang ada pada dirindividu ters ebut

33Menyes uaika pengatura kebutuha s eks ualny dala batas -bata penenrimaalingkunga s os ialnya s ehingga terbebas dari kecemas an ps okos eks ual adalah karakteris tik penyes uaian dirremaja terhadap...
A.   Kehidupan
B.   Norma s os ial
C.   Kecemas an konflik dan frus tas i
D.   Peran dan identitas nya

34. Respon penyes uaian diri, baik atau buru secara sederhana dapat dipandang sebagai upaya organis me untumereduksi atau menjauhi ketegangan dan untuk memelihara kes eimbangan yang lebih wajar ditentukan oleh...
A.   Kualitas mental
B.   Kualitas sikap
C.   Kualitas motivasi
 D.   Kualitas res pon

35. Jika s eorang individu cenderung ragu-ragu, kurang percaya diri, gamang, rendah diratau bahkan meras a takuketik haru menyes uaika diri denga lingkunga yan bar merupaka ciri dari individ yan pernamengalami pengalaman...
A.   Menyedihkan
B.   Determinasi diri
C.   Traumatik
D.   Realisasi diri

36. Mekanisme pertahanan dirmenurut Sigmund Freud meliputi...
A.   Kreditas , proyeksi, konflik
B.   Rasionallisasi, proyeksi, regresi
C.   Konflik, frus tasi, identifikas i
D.   Frus tas i, sublimasi, kreditas

37. Uns ur kepribadian yang penting pengaruhnya terhadap penyes uaian diradalah...
A.   Pendidikan
BPengalaman
C.   Penerimaan
D.   Intelegensi


38.   Remaj putr lebi s uk berdanda da berhia untu menari lawa jenis nya Hal ters ebu merupakaperkembanga remaja dalam...
A.   Mancapai peran s os ial pria dan wanita
B.   Menerima keadaan fis iknya dan menggunakanny secara efektif
C.   Mengharapka tingkah laku s os ial yang bertanggung jawab
D.   Memperoleh s uatu himpunan nilai-nilai dan s is tem etika s ebagai pedoman tingkah laku

39. Hakikat tugas dalamencapai jaminan kebebas an ekonomis adalah...
A.   Mempelajari anal perempuan s ebagai perempuan dan laki-laki s ebagai laki-laki
B.   Mempelajari peran s os ial dengan jenis kelaminnya s ebagai pria atau wanita
C.   Merasakan kemampuan membangun kehidupan sendiri
D.   Memilih pekerjaan yang memerlukan kemampuan agar tercipta lapangan pekerjaan

40. Haberikut ini yang bukan merupakan akibat munculnya tugas -tugas perkembangan...
A.   Kematangan fis ik
B.   As piras i budaya
C.   As piras i individu
D.   Hukum alam

41. Yang merupakan contoh dari perkembanga remaja dalamemcapai peran s os ial pria dan wanita adalah...
A.  Remaj putri terkadan lebi mengutamakan   ketertarikanny kepad karir cenderunmengangumu ayah dan kakaknya
B.  Remaja  putri cenderun lebih tertarik kepada remaja putra yang us ianya beberap tahulebih tua darinya
C.  Belaja menjag hubunga yan bai denga kelompo da berpartis ipas i di dalakelompoknya
D.   Mas ih mengharapka perlindungan dari orangtuanya

42. Tujuan individu dalamenyeles aikan tugas -tugas perkembanga yaitu, k ecuali...
A.    Petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapka mas yarakat pada us ia-us itertentu
B.   Menunjukka tingka yan diharapka dari merek jik nant aka memas uki tingkaperkembanga berikutnya
C.   Individu maupun lingkungan s os iamengharapka perilaku diluar kemampuan fis imaupups ikologis
D.   Memberikan motivas i kepada setiap individu

43.  Menila intens ita penilaian,   menunda   peras aan memaham stres  da mengendalikan   dorongan   hatmerupakan cara mengembangka keterampilan...
A.   Kognitif
B.   Perilaku
C.   Emos ional
D.   Peras aan

44 Cara  yan dapa dilakuka untuk mengembangka perilak individ dalam mempelajar komunikas i verbaadalah...
A.   Menolak pengaruh negatif
B.   Berkomunikas i melalui pandangan wajah
C.   Belajar bers ikap pos itif
D.   Berkomunikas i melalui eks pres i wajah

45. Belajar mengembangka ketegasan berarti...
A.   Melakukan konfrontas i s ecara jujur dengan orang lain
B.   Bangga dan memandang diri s endiri dari s is i pos itif
C.   Memahami kapan dan bagaimana memimpin
D.   Mengungkapka keprihatinan dan peras aan tanpa ras a marah atau berdiam diri


46.  Pembicaraan s endiri untuk menangkap pes an-pes an negatif yang terkandung didalamnya danmenemuka caruntuk menangani ras a takut, cemas , amarah merupakan belajar...
A.   Mengembangka pemahaman
B.   Menyelas aikan konflik
C.   Mengelola peras aan
D.   Mengambil keputus an pribadi

47 Perubaha pada bagian atau fungs i organis me itu berlangs ung s ecara beratura atau beruruta tidak terjadi s ecara kebetulan atau loncat-loncat disebut dengan...
A.   Sis tematis
B.   Berantai
C.   Progres if
D.   Berkesinambungan

48 Pad awalny seoran anak hany meliha ata memperhatika diriny sebagai pus at, dia meliha bahwlingkungan    itu   harus   memenuhi   kebutuhan   dirinya.   Hal   ini   menunjukkan    bahwa   anak   mengalamperkembanga yang berlangs ung...
A.   Dari egosentris me kepers pektivisme
B.   Dari konkret ke abs trak
C.   Berdiferens ias i
D.   Dari abs trak ke konkret

49 Antara  jas mani dan rohani merupaka satu kesatuan  yang tidak dapat dibagi atau dipisahka sama sekaliPandangan seperti ini kemudian dikenal dengan pendekatan...
A.  Dualis me
B.   Monoisme
C.   Diktomi
D.   Spiritual

50.       Menuru Aris totele dis ebutka bahwa ada gejala jiwa dalam aspek konasi. Konasi   merupaka gejala yanberpusat pada...
A.     Keinginan
B.     Kehendak
C.     Pikiran
D.     Kemauan

Tidak ada komentar: