Kamis, 04 Desember 2014

LATIHAN SOAL UAS MKDK4002 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


LATIHAN SOAL UAS
MKDK4002 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



1 Berikut ini yang menunjukkan perkembangan  fis ik s is wa SLTA ( Remaja Akhir ) adalah...
A Gerak-gerik tampak canggung dan kurang terakomodas i
B Laju perkembangan  s ecara umum berlangs ung s ecara pes at
C Aktif dalam berbagai cabang permainan yang dicobanya
D Siap berfungsinya organ-organ reproduktif

2 Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fis ik yaitu, k ecuali...
A Sifat jas maniah yang diwaris kan oleh orangtuanya
B Kematangan
C Karakteristik individunya
D Stimulasi lingkungan

3 Perkembangan  intelektual s is wa SLTP ditunjukkan oleh...
A Mampu mengoeras ikan kaidah-kaidah  logika formal
B Kecakapan das ar umum menjalani laju perkembangan  yang terpesat
C Kecenderungan  bakat tertentu memcapai titik puncak dan kemantapannya
D Tercapainya titik puncak pencapaian umum

4Kemampuan  untuk mempersepsi, melakukan  sentuhan-sentuhanmelakukan  berbagai gerakan  dan secara perlahan-lahan  belajar mengkoordinasikan tindakan-tindakannya merupakan ciri dari tahap perkembangan...
A Sens ori Motoris
B Operas ional Formal
C Operas ional Konkret
D Operasional

5 Perhatikan pernyataan berikut!
1 Individu dapat mencapai logika dan ras io s erta dapat menggunakaabs traks i
2 Individu telah mengkombinas ikan dan mentrans formas ikan berbagai informasi
3 Individu mulai mampu memecahkan pers oalan-pers oalan yang bers ifat hipotes is
4 Individu mulai mampu membuat pikiran di mas a depan

Dari pernyataan  diatas  yang  merupakan  karakteris tik tahap  operas ional formal ditunjukkan  oleh nomor...
A 1 dan 4
B 1, 2, dan 3
C 2, 3, dan 4
D 1, 3, dan 4

6.  Kesepian, depresi, kesal hati, terpana dan tersinggung merupakan bebtuk-bentuk emosi. Dari contoh tersebut yang merupakan bentuk emos i Malu adalah...
A Kesal hati
B  Kes epian
C Depres i
D Terpana

7 Berkembangnya  kemampuan berfikir formal ditandai dengan, k ecuali...
A Mulai mampu melihat tentang kemungkinan-kemungkinan
B Membias akan remaja menghadapi tantangan
C Mampu memadukan ide-ide s ecara logis
D Mampu berfikir ilmiah

8.   Gerak cepat yang tampak dalam s ituas i-s ituas i yang mendes ak dan membutuhkan tindakan penyelamatan  diri adalah ciri utama pikiran emos ional...
A Res pon yang cepat tetapi ceroboh
B Realitas yang ditentukanoleh  keadaan
C Mas a lampau dipos is ikan s ebagai mas a s ekarang
D Mendahulukan  peras aan kemudian pikiran

9.     Gejala-gejala  kejas maniaan  atau tingkah laku s es eorang bukanlah  merupakan  akibat dari emos i, melainkan emos i yang dialami individu itu sebagai akibat dari gejala-gejala  kejas maniaan. Hal ters ebut ses uai dengan teori emos i...

A Peripheral
B Kepribadian
C Sentral
D.   Kedaruratan emosi

10.   Menggunaka bahas a  denga baik  ketika  berkomunikas i  denga oarng  lain  merupaka keterampilan berbahas a menurut komponen...
A.     Semantik
B.     Fonologi
C.     Pragmatik

D.     Grammar atau tata bahasa

11. Berikut ini yang bukan merupakan cara berpikir individu yang bers ifat egos entris yaitu...
A Imajinatif
B Memiliki ras a “aku yang tinggi
C Mengemukakan  alas an-alas an dalam berbagai ide-ide
D Manampakkan  bahas a yang mulai pes at

12. Anak yang memiliki bakat khus us menonjol s ering dis ebut...
A Gifted children
B Talented children
C Smart children
D Skilled children

13. Jenis -jenis bakat khus us menurut Conny Setiawan dan Utami Munandar adalah, k ecuali...
A Bakat intelektual
B Bakat s eni
C Bakat s os ial
D Bakat ps ikomotorik

14. Faktor eks ternal yang mempengaruhi perkembangan  bakat khus us adalah...
A Motifas i pers tas i
B Keberanian mengambil res iko
C Keuletan dalam menghadapi tantangan
D Kes empatan maks imal untuk memaksimalkan diri

15. Meniru penampilan  atau tingkah laku moral s es eorang yang menjadi idolanya seperti orangtua, guru maupun artis adalah pros es perkembangan  moral dengan cara...
A Pendidikan langsung
B Pros es coba-coba
C Identifikas i
D Asosiasi


16.   Membantah    pendapat    oran lain menjad pemimpin    kelompoknya,    mengabi keputusa dengan mengatas namakan kelompok dan menetapkan pers etujuan secara sepihak adalan contoh dari kebutuhan...
A.     Exhibition
B.     Aggres s ion
C.     Autonomy
D.     Dominance

17Kebutuha diartika s ebagai  kekuata yan mempengaruh perseps i  dan  tindaka untuk  mengatasi ketidaknyamanan  situasi yang berlangs ung merupakan kons ep kebutuhan menurut...

A Murray
B Palmer
C Garris on
D Mc. Clelland

18. Orang-orang yang mempunyai kebutuhan untuk berpres tas i tinggi memiliki ciri-ciri berikut,   k ecuali...

A Seang menetapkan s endiri tujuan has il karyanya
B Memiliki keinginan untuk mempunyai pengaruh terhadap orang lain
C Memiliki ras a ingin tau yang tinggi
D Senang bertanggungjawab  akan pemecahan mas alah walau diras akan sulit

19. Menurut Mas low puncak dari kebutuhan manus ia adalah...

A Rasa ingin tau
B Pengaruh fis iologis
C Aktualisas i diri
D Ras a memiliki dan kas ih s ayang

20. Murray mengelompokkan  kebutuhan-kebutuhan manus ia berdas arkan kebutuhan...

A Fis ik
B Ps okologis
C Sosial
D Es tetika

Tidak ada komentar: